Tips Cara Membuat Tumpeng Agar Sesuai Dengan Keinginan

Ingin mempersiapkan tumpeng untuk Acara? Supaya tumpeng Anda sukses serta mendapatkan pujian dari keluarga serta kerabat, ikuti saja panduan sukses berikut ini, nah apabila anda tidak ingin riber bisa memesan tumpeng di Nasi Tumpeng Jakarta melalui web nya royaltumpeng.com.


1. Tetapkan tumpeng yang akan dibikin, apa tumpeng putih atau tumpeng kuning. Lantas, buat daftar lauk-pauk serta sayuran yang akan jadi pelengkapnya.

2. Pilih beras berwarna putih, bersih, serta bermutu baik. Supaya hasil lebih pulen, janganlah lupa campur tiap 1 liter beras yang dipakai dengan 200 gr beras ketan. Rendam kombinasi beras serta ketan sepanjang 1 jam, lantas kukus sampai 1 / 2 masak supaya hasilnya lebih pulen.

3. Setelah itu, masak kombinasi beras serta ketan yang sudah di rendam barusan bersama dengan santan serta bumbu sampai santan menyusut. Untuk bikin tumpeng kuning, imbuhkan kunyit, serai, serta daun salam.

4. Supaya butiran nasi terlihat mengilap, imbuhkan peresan air jeruk nipis, aduk rata. Biarlah beras aron dalam panci tertutup sepanjang 15 menit, supaya nasi betul-betul bagus dan padat waktu akan diciptakan.

5. Waktu akan cetak tumpeng, seharusnya ujung cetakan dikasih selembar daun pisang. Dengan demikian, waktu di balik tumpeng tidak lengket serta gampang dilepaskan. Triknya, masukan nasi pada saat panas ke cetakan tumpeng sekalian ditekan-tekan supaya padat serta tidak gampang retak.

6. Untuk tumpeng kuning pelengkapnya terdiri atas kering tempe, telur dadar, ayam goreng, perkedel, abon, serta sambal goreng. Sedang tumpeng putih umumnya diperlengkapi urap sayur, gereh petek, tahu-tempe bacem, ayam bumbu rujak, serta rempeyek kacang.

7. Wadah untuk tumpeng dapat dari tampah atau papan triplek, serta styrofoam. Triknya, alasi tampah atau triplek dengan styrofoam. Alasi sisi atas tampah dengan daun pisang, lantas buat lipatan daun pisang di sekitar tampah. Tusukkan lipatan daun dengan jalidi atau stapler. Lantas, bungkus dengan lap basah supaya daun tidak gampang kering serta masih fresh.

8. Balikkan tumpeng dari cetakan, tempatkan di atas tampah berhias daun pisang. Awalilah membuat semua pelengkapnya, serta hias dengan beberapa garnis yang sesuai dengan.

Nah, selamat membuat tumpeng lengkap yang lezat!

Post a Comment

0 Comments