Kelebihan Melakukan Simpan Pinjam di Amartha

Financial Technology menjadi salah satu inovasi terbaru yang lahir di dunia perekonomian. Pengertian apa itu fintech sendiri adalah perusahaan keuangan yang pelayanannya memanfaatkan teknologi terbaru. Baik pemodalan, transfer dana dan pengumpulan dana dilakukan dengan mengandalkan teknologi. Pada akhirnya, semua layanan keuangan dapat dilakukan dengan lebih cepat tanpa melalui proses yang rumit.


Kemudahan yang dapat diberikan oleh perusahan keuangan berbasis teknologi membuat banyaknya perusahan financial technology yang bermunculan. Amartha sendiri menjadi perusahaan yang menyediakan layanan dan inovasi terbaru dengan mengandalkan teknologi. P2P atau peer to peer lending Indonesia menjadi salah satu layanan Amartha yang dapat memberikan keuntungan bagi peminjam dan pemberi pinjaman.

Dalam memberikan layanannya, Amartha menyediakan wadah bagi peminjam dan pemberi pinjaman agar dapat berinteraksi secara langsung. Dengan keberadaan wadah ini, kedua belah pihak nantinya dapat menghasilkan kesepakatan yang saling menguntungkan. Selama menikmati pelayanan P2P, baik pemberi pinjaman dan penerima pinjaman harus memenuhi proses pinjaman yang diberlakukan oleh Amartha.

Angsuran dilakukan setiap minggu dengan memperhatikan kapasitas dan profil dari penerima pinjaman. Selama proses pinjaman, Amartha akan memberikan pendampingan seputar pengelolaan dana yang benar bagi penerima pinjaman. Amartha juga akan memastikan bahwa pihak yang menerima pinjaman akan membayar pinjamannya tepat waktu. Proses pinjaman Amartha juga menerapkan beberapa ketentuan yang wajib untuk dipenuhi oleh pihak peminjam. Untuk mengetahui ketentuan-ketentuan tersebut, simak ulasannya di bawah ini.

Amartha yang merupakan fintech OJK ini mewajibkan kepada peminjam untuk membuat kelompok yang terdiri dari 15 hingga 20 orang dalam satu kelompok. Orang-orang yang berada dalam 1 kelompok ini nantinya harus mengikuti pelatihan yang diberikan oleh pihak Amartha. Pelatihan tersebut nantinya menghasilkan komitmen mengenai tanggung jawab jika ada anggota yang mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran. Pengajuan pendanaan harus didasari oleh rencana usaha dan profil dari penerima pinjaman. Seleksi penerima pinjaman dilakukan berdasarkan dengan sistem skor kredit. Pengajuan pinjaman akan ditampilkan setelah disetujui oleh pihak Amartha.

Selama masa pinjaman, kelompok yang mendapatkan pinjaman pendanaan wajib mengikuti pertemuan mingguan yang diadakan oleh Amartha. Pertemuan yang berlangsung selama mingguan ini berisikan materi yang berkaitan dengan cara memajukan usaha, kedisiplinan dan cara mengelolaan keuangan dengan baik. Jika ketentuan pinjaman ini dilakukan dengan baik, pihak Amartha akan membantu peminjam untuk mendapatkan dana pinjaman yang dibutuhkan.

Usaha para pengusaha nantinya dapat berkembang dengan baik akibat campur tangan Amartha melalui pelayanan fintech yang dimilikinya. Jika kita ingin menjalankan usaha kecil namun tidak memiliki modal yang cukup, kita dapat mengandalkan layanan-layanan yang dimiliki oleh Amartha. Agar mendapatkan modal yang diinginkan, kita juga harus memperhatikan proses dan ketentuan meminjam dana di Amartha.

 

Post a Comment

0 Comments