5 Soto Nusantara Yang Enak Dan Lezat

Soto lezat Pantura ini berasal dari daerah tepi laut utara Jawa. Mulai dari soto Pekalongan sampai Lamongan, 5 soto ini sesuai buat makan pagi. Baca juga festival soto nusantara

Soto, sroto, sauto, tauto, ataupun coto merupakan santapan khas Indonesia berbahan rempah serta kaldu daging ataupun sayur- mayur. Daging yang sangat kerap digunakan merupakan daging sapi serta ayam, namun terdapat pula yang memakai daging kerbau ataupun kambing.

Soto di wilayah tepi laut utara( Pantura) Jawa mempunyai tipe kuah yang bermacam- macam, terdapat yang bening sampai agak keruh. Metode menyajikannya juga sangat bermacam- macam, mulai dari disajikan langsung bersama nasi dalam mangkuk kecil sampai bersama kombinasi tauco.

Berikut 5 soto lezat Pantura yang terkenal buat makan pagi. Pencinta soto jangan hingga melupakannya!

1. Soto Pekalongan

Bila Kamu lagi mendatangi kota Pekalongan yang sangat populer dengan batiknya ini, tidak terdapat salahnya mampir serta mencicipi semangkuk hangat soto tauto. Soto tauto khas Pekalongan ini bisa jadi tidak terdapat yang berbeda dari soto umumnya, cuma saja kuahnya diberi kombinasi tauco.

Kombinasi tauco pada kuah soto ini nyatanya membagikan rasa yang unik. Sebab tauco ialah hasil fermentasi kacang kedelai khas Cina. Jadi soto tauco ini dapat dikatakan merupakan santapan Nusantara dengan pengaruh kuliner Cina.

Soto tauto disajikan bersama suwiran ayam, usus serta kulit ayam yang renyah, sampai daging sapi. Rasa gurih dari tauco pula sangat nikmat dikala Kamu mulai menyeruput kuahnya. Ditambah lontong, makan pagi soto tauto hendak terasa mengenyangkan.

2. Soto Brebes

Soto lezat Pantura berikutnya merupakan soto Brebes. Soto ini tidak jauh berbeda dengan soto tauto sebab bersama memakai kombinasi tauco di dalamnya. Soto ini dimanakan sauto, isiannya berbentuk nasi, tauge, kol iris, suwiran daging ayam serta aneka aksesoris berbentuk daun bawang, seledri serta pula sambal.

Disiram dengan kuah kaldu yang telah ditambahkan rempah serta tauco hasilkan rasa yang gurih lezat. Betul- betul tidak terdapat yang berbeda dari soto khas Pekalongan tersebut. Bisa jadi sebab wilayah mereka yang sangat bersebelahan sehingga rasa serta penyajiannya nyaris sama.

3. Soto Semarang

Semangkuk soto Semarang disajikan dalam mangkuk porselin kecil serta umumnya nasi langsung dicampur bersama soto. Walaupun begitu, Kamu senantiasa dapat memakannya secara terpisah. Kuah dari soto Semarang ini bening kecokelatan. Isinya kombinasi bihun, tauge, kol, suwiran ayam, cincangan daun bawang, seledri, tomat, serta taburan bawang goreng yang hendak menaikkan cita rasa dari soto Semarang ini.

Soto Semarang pula mempunyai bermacam- macam tipe kemilan yang dapat dicampurkan bagaikan sahabat makan soto. Semacam perkedel, ketahui serta tempe goreng, dan berbagai berbagai sate ialah ati ampela, usus, kerang, serta telur puyuh.

Untuk Kamu yang biasa makan pagi dengan jatah yang banyak, soto Semarang ini tidak hendak lumayan bila Kamu cuma memakannya sebanyak 1 jatah, sebab porsinya cuma semangkuk kecil.

4. Soto Kudus

Soto Kudus nyaris sama dengan soto Semarang sebab memanglah wilayah soto ini bersebelahan. Tetapi meski mirip, senantiasa terdapat yang membedakan kedua soto ini. Bila soto Semarang mempunyai kuah yang bening kecoklatan, soto Kudus ini mempunyai kuah soto bening kekuningan.

Isiannya juga nyaris sama dengan soto Semarang ialah suwiran ayam, bihun, irisan kol, tauge, tetapi yang membedakan dalam soto Kudus tidak mengenakan potongan tomat. Bawang gorengnya pula memakai bawang putih goreng. Santapan pelengkapnya juga sama tidak terdapat yang bebeda.

5. Soto Lamongan

Soto lezat Pantura terakhir berbentuk soto Lamongan dari Jawa Timur. Variannya berbeda dari soto Pantura yang lain, sebab kuahnya yang bercorak kuning serta ditambahkan koya gurih yang dibuat dari kerupuk udang yang dihaluskan. Tetapi isinya tidak jauh berbeda.

Soto Lamongan ini disajikan pada mangkuk lagi dengan isian bihun, suwiran ayam, telur rebus, irisan kol, serta tauge. Tidak kurang ingat bubuk koya ditambahkan buat menciptakan cita rasa yang gurih.

Dimakan bersama sepiring nasi hangat serta garingnya kerupuk udang. Terkadang terdapat pula yang meningkatkan potongan sayap, tulang, ataupun ceker ayam ke dalam semangkuk soto Lamongan cocok permintaan pembeli. 

Post a Comment

0 Comments